cover
Contact Name
Mustamin
Contact Email
japend@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
japend@uho.ac.id
Editorial Address
Perpustakaan FKIP Universitas Halu Oleo, Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Email: japend@uho.ac.id
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Amal Pendidikan
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27213668     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/japend
Core Subject : Education,
Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Keteknikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bimbingan Konseling, Pengembangan Kurikulum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020" : 13 Documents clear
Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Teknik Usap Abur Misna Wati; Dorce Banne Pabunga; Aisyah Aisyah
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.15828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dengan teknik usap abur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah guru peneliti dan anak pada kelompok A di TK 1 PGRI Biwinapada Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan dengan rentang usia  4-5 tahun. Berdasarkan analisis data dari hasil melalui kegiatan menggambar dengan teknik usap abur pada observasi awal sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 40%. Pada siklus I aktivitas  mengajar guru diperoleh persentase sebesar 80% dan aktivitas belajar anak diperoleh persentase sebesar 71,4%, sedangkan untuk  hasil belajar anak diperoleh persentase sebesar 67%. Kemudian pada siklus II  aktitivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,3%, dan aktivitas belajar anak didik mengalami peningkatan menjadi 92,86%, sedangkan hasil belajar anak mengalami peningkatan menjadi 87%.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Konsep Perkalian dan Pembagian Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Yulince Ragindo
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.11951

Abstract

Model pembelajaran koperatif tipe jigsawdiyakini dapat mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw pada siswa kelas III SD Negeri 84 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 84 Kendari pada bulan Oktober 2019. Siswa yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III yang duduk pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif tipe jigsaw pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi perkalian bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 84 Kendari dengan persentase rata-rata tiap siklus adalah 50,87 pada kemampuan awal, 57,23 pada tes siklus I, dan 66,43 pada tes siklus II. 
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Checks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Muhamad Ilham
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.15166

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar kimia siswa  kelas XI SMAN 02 Bombana pada materi hidrokarbon dan minyak bumi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di kelas XI SMAN 02 Bombana yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, meliputi: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi dan evaluasi, (d) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pairs checks berhasil meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi pokok hidrokarbon dan minyak bumi. Nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yaitu dari 63,39 menjadi 75,17. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan persentase dari 46,43% menjadi 85,71%. Berdasarkan ketuntasan belajar yang telah dicapai pada siklus II sebesar 85,71% maka indikator keberhasilan 75% siswa dengan nilai yang diperoleh ≥65 sudah tercapai.
Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Neni Ferli Yanti; La Arapu; Kadir Kadir
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.15827

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kepercayaan Diri terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 1 Barangka. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Barangka. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Random Sampling sehingga terpilih kelas VII2, VIII4, IX1. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan komunikasi matematika, angket kepercayaan diri dan dokumentasi hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) Kepercayaan diri siswa (X) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika (Y1) siswa SMP Negeri 1 Barangka sebesar 29,9%, yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. (2) Kepercayaan diri siswa (X) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y2) siswa SMP Negeri 1 Barangka, sebesar 79%, yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Meningkatkan Kemampuan Hitung Pecahan Desimal Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Isnawati Isnawati
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.11943

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hitung pecahan desimal siswa dengan menerapkan pendekatan realistic mathematic education dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 37 Kendari pada 11-27 april 2019. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 34 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini terdiri atas empat langkah dan dilaksanakan secara sistematis dengan perencanaan yang telah ditentukan, diantaranya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan hitung pecahan desimal siswa kelas VI SD Negeri 37 Kendari dapat ditingkatkan melalui pendekatan realistic mathematic education. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada kemampuan awal sebesar 52,94%, meningkat menjadi 70,59% pada siklus I, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 82,35%. 
Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gaya Belajar Fitriani Lestari; Marsu Sinto; Eva Kurniasari; Aufaa Ronaa Almaas; Zahro Ulfah Auliya; Fadhilah Rahmawati
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.15386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar matematika materi bangun ruang dengan pembelajaran daring di SMPN 1 Leksono ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah  siswa-siswi kelas VIII SMP N 1 Leksono. Pengambilan data meliputi angket gaya belajar, lembar tes tertulis uraian, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa dengan gaya belajar audio mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep dan memahami informasi yang diberikan oleh soal;(2) Siswa dengan gaya belajar gabungan mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep karena tidak mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai bangun ruang;(3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mempunyai kesulitan dalam hal pemahaman soal, terlihat dari kurang ketelitian dalam menjawab soal, serta kesulitan dalam hal pemahaman konsep;(4) Siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam hal pemahaman konsep yang matang mengenai rotasi;(5) Siswa dengan gaya belajar read-write mempunyai kesulitan dalam hal memahami maksud yang ditanyakan dalam soal.
Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Hasnan Hasnan
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.11941

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari dengan menggunakan pendekatan contextual teaching learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 40 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 93 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran IPS materi pengelolaan uang telah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Hasil tes siklus I diperoleh data hasil belajar siswa yang memiliki nilai >6 sebanyak 19 siswa (47,5%). Pada siklus II diperoleh data hasil belajar siswa yang memiliki nilai >6 sebanyak 34 siswa (85,00%). Hasil ini berada di atas standar ketuntasan belajar yang direncanakan (80%). Aktivitas pembelajaran siswa juga mengalami peningkatan bila dibandingkan antara tahap siklus I dan siklus II. 
Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Rahmawati Rahmawati
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.15780

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 03 Bombana dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII-IPA3 SMA Negeri 03 Bombana mulai tanggal 3 Juli 2018 sampai dengan 15 September 2018 dengan jumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menggunakan  lembar  observasi  dan  tes  hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ditetapkan jika minimal 75% siswa telah tuntas secara individu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran matematika siswa kelas XII IPA3 di SMA Negeri 03 Bombana pada materi pokok peluang dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu tergambar dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individu, yakni pada siklus I hanya terdapat 3 orang (8,82%) meningkat menjadi 34 orang (100%).
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Rosmawati Rosmawati
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.13942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur atom di kelas X  SMAN 02 Bombana melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, di  SMAN 02 Bombana pada siswa Kelas X, berjumlah 32 siswa yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah faktor siswa dan faktor guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, meliputi : (a) perencanaan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi dan evaluasi, (d) refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 71,58%, meningkat pada siklus II menjadi 81,25%. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 83,25%, meningkat pada siklus II menjadi 91,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 68,12 meningkat menjadi 72,50 pada siklus II. Rerata ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I diperoleh nilai sebesar 68,75%, meningkat pada siklus II menjadi 81,25% siswa telah mencapai nilai ≥70. Kriteria Ketuntasan Minimal sekolah yaitu 70% siswa memperoleh nilai ≥70 dapat dicapai.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Melalui Metode Bermain Peran Wa Ode Nursinta Alvionita; Sri Yuliani M; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Amal Pendidikan Vol 1, No 3 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/japend.v1i3.15829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran di TK Negeri Tandai Bale Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di TK Negeri Tandai Bale  yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 6 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Temuan penelitian di siklus I aktivitas mengajar guru mencapai 80%, aktivitas belajar anak didik mencapai 80% dan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran mencapai 66,67%. Sedangkan siklus II aktivitas mengajar guru meningkat mencapai 93,33%, aktivitas belajar anak didik meningkat mencapai 93,33% dan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bermain peran mengalami peningkatan mencapai 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa pada anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran di TK Negeri Tandai Bale Kabupaten Buton Utara.

Page 1 of 2 | Total Record : 13